7 Local Brand Makeup You Must Try!


Beberapa tahun terakhir, brand makeup lokal berhasil untuk bangkit dan menarik perhatian masyarakat terutama kaum hawa. Tentu saja ini menjadi hal yang sangat bagus dan positif untuk industri kecantikan Indonesia karena akhirnya kita bisa dengan mudah mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan dan juga membantu industri lokal untuk semakin berkembang. Dulu jika ingin membeli makeup banyak perempuan Indonesia yang membeli produk dari luar negeri dan terkadang harus pre-order dan menunggu lama produk untuk sampai. Ditambah dulu produk lokal kurang diminati karena varian yang sedikit dan produk yang dipasarkan belum semenarik sekarang. Dari segi packaging, kualitas, dan marketing beberapa brand makeup local ‘indie’  yang akan saya mention ini patut diancungi jempol karena selalu konsisten mengeluarkan produk-produk makeup yang tidak kalah bagus dengan produk luar negeri. Saya menyebut beberapa brand ini indie brand karena mereka secara mandiri memproduksi dan memasarkan produknya secara mandiri dan tidak dibawah naungan perusahaan besar, so here are the list:




BLP Beauty
BLP Beauty merupakan brand makeup yang dimiliki MUA dan juga beauty vlogger terkenal asal Indonesia yaitu Lizzie Parra. Diawal kemunculannya BLP Beauty mengeluarkan BLP Lip Coat yang memiliki 12 shade. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2016, produk lip coat ini menjadi produk best seller dan menjadi salah satu produk bibir yang nyaman untuk digunakan. Setelah sukses dengan Lip Coat BLP meluncurkan produk lain yang juga tidak kalah sukses, di antaranya adalah eye collection seperti eyeshadow pen, eyeliner, dan brow definer. Lalu ada juga Lip Stain, Face Powder, Face Glow yang terdiri dari blush on dan highlighter, dan produk terbaru mereka yang di launching tahun ini yaitu Beauty Cheek Stain yang merupakan liquid blush on. Boleh dibilang BLP Beauty mempunyai marketing strategy yang sangat baik dan produk yang sangat konsisten karena setiap produk yang mereka keluarkan pasti diminati dan selalu dibicarakan oleh para beauty influencer ibu kota.




Rollover Reaction
Jika pertama kali mendengar dan melihat brand ini, mungkin kamu tidak akan menyangka kalau Rollover Reaction itu asli makeup lokal Indonesia. Packaging yang elegan, modern, dan memiliki produk yang multifungsi dan juga praktis, brand ini dengan mudah mengambil hati perempuan Indonesia terutama para beauty enthusiast. Rollover Reaction merupakan salah satu pencetus lahirnya lipstick cair dengan hasil matte di Indonesia, dan sering mengajak beberapa artis Indonesia untuk berkolaborasi, contohnya Asmara dan Talitha Maranila untuk produk Mata Hari Glazed! Glittery dan Liquid Eye Tint dan yang paling terbaru dengan Putri Marino mengeluarkan produk lipstick CHUNKY! Di Kala Senja. Dari sekian banyak produk yang dikeluarkan yang menjadi favorit banyak orang  adalah pastinya lipstick mereka Sueded! Lip and Cheek Cream, Cushion Compact Tinted Moisturizer, Browcara Eyebrow Perfector karena produk ini bisa dijadikan dupes dari produk Glossier Boy Brow, dan yang terakhir Halolight bundle (blush on stick, highlighter stick, and bronzer stick)



Esqa Cosmetics
ESQA adalah salah satu brand kosmetik lokal yang berlabel cruelty free, cocok untuk para vegan. ESQA menawarkan product berkualitas tinggi tanpa bahan-bahan yang dapat merusak kulit. Karena produk yang inovatif dan selalu konsisten dengan kualitas produknya, ESQA menjadi brand pertama Indonesia yang berhasil masuk ke Sephora sejak 2017. ESQA juga pernah berkolaborasi dengan salah satu penyanyi terkenal Indonesia yaitu BCL dan mengeluarkan rangkaian lipstik bernama ESQA Matte Lip Liquid X BCL yang menjadi salah satu produk best sellernya. Produk best seller lainnya adalah face pallete mereka yang terdiri bronzer, highlighter, dan blush on yaitu ESQA Athena Goddess Cheek Palette yang banyak di-rave para beauty influencer, lalu ada eyeshadow pallete mereka ESQA Goddess Eyeshadow Palette yang tidak kalah bagus dari eyeshadow pallete HUDA Beauty, Brow Pomade Pencil, dan koleksi ESQA blush on, highlighter, lip gloss mini.



Rosé All Day
Rosé All Day merupakan brand kosmetik lokal yang diprakarsai oleh tiga wanita Tiffany,Samantha, dan Cindy. Rosé All Day pertama kali mengeluarkan koleksinya pada pertengahan tahun 2017 lalu. Dengan konsep no-makeup makeup look, brand indie ini punya misi ingin menyaingi produk kosmetik internasional. Walaupun produk yang dikeluarkan tidak sebanyak brand-brand lainnya kualitas Rosé All Day tidak diragukan. Produk pertama brand ini yang langsung menjadi best seller adalah Rosé All Day The Realest Lightweight Foundation, yang banyak dipuji para beauty junkies karena hasilnya yang flawless dan ringan seperti second skin. Produk lainnya yang populer adalah Lip and Cheek Duo, face pallete Instant Rosé Face Kit, dan Mini Mousse.


Dear Me Beauty
Sempat hits dengan Dear Me Matte Lip Cream di tahun 2017 lalu,  nyatanya membuat nama Dear Me makin dikenal sebagai brand makeup lokal yang patut diperhitungkan. Dari awal kemunculannya Dear Me Beauty memiliki packaging yang sangat eye catching dengan tube penuh dots, saat ini pun ia sudah semakin gencar membuat konsep dan image yang sesuai dengan produknya yang minimalist tapi unik. Dear Me Beauty juga sering berkolaborasi dengan brand lain selain makeup, contohnya mereka pernah mengeluarkan Perfect Matte Lip Coat Snoopy Edition, lalu baru-baru ini berkolaborasi dengan brand makanan yaitu Nissin dan Yupi mengeluarkan Perfect Matte Lip Coat yang memiliki bau dan rasa seperti wafer Nissin dan permen Yupi. Hal inovatif seperti itu yang membuat brand ini semakin menarik untuk dicoba. Makeup lainnya yang sering direkomendasikan adalah Airy Poreless Powder, 2-in-1 Velvet Veil Color, Perfect Gloss Lip Liquid, dan Multistick Crayon.



Luxcrime
Luxcrime merupakan brand yang sering mengeluarkan varian produk yang menarik, tidak hanya makeup tapi juga skincare. Semua produk Luxcrime juga bebas dari animal testing dan bahan kimia yang berbahaya. Bahkan beberapa koleksinya sukses mendapatkan review positif dan sering sold out. Sering dipromosikan dan pernah berkolaborasi dengan beberapa beauty influencer populer seperti Rachel Goddard dan Titan Tyra juga Shafa Haris, membuat Luxcrime sangat cepat dikenal di industry kecantikan. Beberapa produknya yang terkenal adalah Luxcrime Ultra Lipmatte, Luxcrime Golden Eyes Ultra Palette, Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask, Duo Lipcare (lip scrub & lip balm), dan yang sedang hangat dibicarakan para beauty enthusiast Luxcrime Stay Last Setting Spray karena memiliki staying power yang bagus sehingga bisa menjaga makeup lebih tahan lama.


SASC
SASC (Socially Aware Sexy Cosmetics) adalah brand makeup  sedang hits karena kolaborasinya bersama beauty influencers ini sukses menjadi brand lokal yang produknya sering dicari oleh para pecinta makeup. SASC juga memiliki misi empower women untuk lebih peduli dengan local community. Memasukkan frasa socialy aware sebagai nama merek kosmetiknya, SASC mengajak para customernya untuk berbelanja sekaligus beramal dan mereka menyumbangkan sebagian keuntungan penjualannya ke badan amal yang tersebar di seluruh Indonesia. SASC menggandeng tiga Beauty Influencer Indonesia, yaitu Malvava, Tyna Kanna Mirdad dan Harumi PS yang sudah cukup lama berlalu lalang di beauty community. Dengan ketiga influencer itu SASC mengeluarkan Lip Cream dan Lip Shine dengan shade Magnificent x Malvava ,Truly' Mazing x Tyna Kanna Mirdad, dan Heroine x Harumips. Tidak hanya itu mereka juga sukses dengan face palletenya (SASC Perfect Eye & Face Palette) yang multi fungsi sehingga memudahkan para penggunanya karena dengan satu palette terdapat eyeshadow, blush on, highlighter, bronzer dan powder. Selain dengan tiga influencer tersebut, SASC juga pernah menggaet Titan Tyra untuk mengeluarkan Magic Eyeliner Perfector dan Effortless Brow Definer.


Komentar

Postingan Populer