Pengertian Cisco Packet Tracer, Router, Switch, Hub, LAN, Fungsi Kabel Straight & Cross, dan IP



CISCO PACKET TRACER

Cisco Packet Tracer memungkinkan kita untuk menciptakan sebuah jaringan dengan jumlah perangkat tak terbatas. Software ini sangat praktis digunakan untuk mendesain topologi jaringan yang kita inginkan, disertai dengan berbagai perangkat-perangkat jaringan yang dibutuhkan pada suatu area network misal router, switch, hub maupun perangkat lainnya.Dengan dukungan dari banyak perangkat tersebut akan memudahkan kita dalam menentukan jenis perangkat jaringan yang akan kita gunakan pada topologi yang kita inginkan.
Untuk  membuat sebuah konfigurasi jaringan bagi pemula, sebaiknya ditentukan dulu jenis device yang digunakan, berapa jumlahnya dan bagaimana bentuk konfigurasi jaringan tersebut pada kertas buram

ROUTER
Description: Pengertian dan Fungsi Router
Pengertian Router adalah salah satu perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya. Router dengan skala besar menawarkan berbagai tingkat fungsionalitas tergantung pada tujuan bagaimana fungsi router dibuat. Menggunakan router yang tepat sangat penting dalam jaringan komputer. Fungsi router pada umumnya adalah sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.
Router

SWITCH
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWjCXiOV19SXWUcGfo_u4PniFFv1kECIAxXZZAUOZm6h9l32tYYk2cVMzDd2CBld1AQApAAzOcD-bDZPCIDpgxkftiS1AB5S5TEkAwKN2T6tC1j-abok0zPqh94cxki8nFK7XqFxioBlc/s320/swicth.jpg

Switch pada dasarnya mempunyai fungsi sebagai pembagi sinyal dan penguat sinyal pada jaringan kompute,  Switch dapat mengenali alamat data yang harus ditransmisikan dan mampu mengatur lalu lintas data dalam jaringan secara lebih baik dibandingkan dengan
Hub.

Switch merupakan titik percabangan dari proses transfer data sehingga jika switch mengalami masalah maka seluruh koneksi jaringan dan proses transfer data akan terganggu. Switch biasanya memiliki banyak port yang akan menghubungkan ke jaringan komputer dan port - port tersebut akan berhubungan dengan
konektor RJ 45

HUB
HUB Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6a71rAY1UJaqwGKvBQVuXCeu4g0RI_xm9tuodxmEoHtwiYcRG3E0PQljNFq21nwsYVuab-2DgDOcJmdI6MEBTd9WRL1tSCvN4w41WiWE_xZMmbp3Yxs2t5v2yMeGPxGEG8ThIs1TVGpw/s320/Pengertian+dan+fungsi+Hub.jpg
Hub merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.

Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung. Berdasarkan fungsinya Hub dibedakan menjadi 2 macam yakni:
  1. Hub pasif merupakan hub yang berfungsi sebagai pemmisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.
  2. Hub Aktif berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, Akan tetapi Hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bisa bekerja.


LAN
Description: Local Area Network (LAN) adalah

Local Area Network atau yang disingkat LAN adalah jaringan/
network yang mencakup area local satu ruang, satu gedung atau beberapa gedung yang berdekatan maka dari itu LAN disebut dengan jaringan yang mencakup wilayah kecil. Kontrol LAN dilakukan dengan authoritas administrative. Data yang ditransmisikan LAN bersifat khusus dalam suatu organisasi/ perusahaan. Media Transmisi LAN dapat berbentuk kabel seperti UTP, serat optik, koaksial, Wirieles LAN (WLAN)



 Fungsi Kabel Straight
Kabel dengan kombinasi ini digunakan untuk koneksi antar perangkat yang berbeda jenis. contohnya sebagai berikut:
  1. Menghubungkan antara computer dengan switch
  2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke router
  5. Menghubungkan hub ke router
warnanya dapat kita lihat pada gambar berikut ini :
Description: ethcable568b

Fungsi Kabel Cross
Kabel dengan kombinasi ini adalah diperuntukkan untuk koneksi peer to peer antara perangkat yang sejenis. contohnya sebagai berikut ini:
  1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 buah switch
  3. Menghubungkan 2 buah hub
  4. Menghubungkan switch dengan hub
  5. Menghubungkan komputer dengan router
Kombinasi warnanya dapat kita lihat pada gambar berikut ini :
Description: kabel-cross

IP
IP Address adalah suatu penomoran pada sebuah komputer sebagai identitas. Kalau di sederhanakan, seperi sebuah nama alamat rumah. Jadi tiap komputer memiliki alamat penomorannya masing – masing. Satu dengan yang lainnya tidak sama atau unik.

Source: Google.







Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer